Ini Dia! 5 Tempat Wisata di Surabaya

Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia, sekaligus kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta dengan luas 326,8 km². Kota Surabaya juga mendapatkan julukan Kota Pahlawan berkat para pahlawan pejuang yang sangat pemberani saat melawan penjajah di masa lalu. Wilayah Surabaya dahulu merupakan gerbang utama untuk memasuki ibu kota Kerajaan Majapahit dari arah lautan, yakni di muara Kali Mas. Bahkan hari jadi kota Surabaya ditetapkan yaitu pada tanggal 31 Mei 1293. Hari itu sebenarnya merupakan hari kemenangan pasukan Majapahit yang dipimpin Raden Wijaya terhadap serangan pasukan Mongol. Selain itu, Surabaya juga memiliki banyak situs warisan dan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata di Surabaya yang bisa anda kunjungi mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata unik yang Instagramable, wahana permainan, aneka wisata malam, wisata belanja, hingga wisata kuliner khas Surabaya.

tempat wisata di surabaya

Baca : tempat wisata Menarik!

Nah, buat Anda yang punya rencana berkunjung ke Surabaya jangan lewatkan mengunjungi tempat – tempat wisata unik. Berikut ini deretan tempat wisata populer di Surabaya yang bisa Anda kunjungi:

Tempat Wisata di Surabaya : Museum 10 November

Jika anda suka dengan tempat – tempat wisata sejarah Surabaya, Museum 10 November bisa jadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang dapat anda kunjungi. Museum ini mulai dibangun pada 10 November 1991 di atas tanah seluas 1.336 meter persegi di area kompleks Tugu Pahlawan dan diresmikan pada 19 februari 2000. Sesuai namanya, museum ini memiliki berbagai koleksi yang berkaitan dengan pertempuran tersebut. Bangunan museum ini terdiri dari dua lantai. Pada lantai pertama, kita bisa melihat patung, foto, dan gambar yang menggambarkan semangat para pejuang melawan penjajah. Naik ke lantai dua, ada ruangan yang berisi koleksi senjata, koleksi peninggalan Bung Tomo, dan reproduksi foto-foto dokumenter. Di sini juga terdapat dua ruang khusus diorama status yang menampilkan delapan peristiwa yang terjadi selama 10 November 1945. Anda bisa berkunjungi ke lokasi di pukul 08.00 – 16.00 WIB, dan untuk biaya masuknya cukup dengan Rp. 5,000/orang.

Food Junction Grand Pakuwon

Salah satu tempat wisata di Surabaya yang cukup terkenal dan menarik untuk Anda kunjungi adalah Food Junction Grand Pakuwon. Lokasi tempat ini berada di Jalan Grand Banjar Boulevard, daerah Banjar Sugihan. Tempat ini menjadi kawasan kuliner yang cukup laris karena bukan hanya menyuguhkan keberagaman kuliner, tetapi juga memberikan view yang indah dan banyak spot foto yang menarik. Di tempat ini para pengunjung bisa menikmati sajian kuliner baik dari sajian khas Indonesia, luar negeri maupun makanan khas Surabaya. Selain itu, di tempat yang ini cukup modern. Para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan danau kecil yang indah, terlebih pada malam hari dengan view hiasan – hiasan lampu yang menarik.

Taman Kenjeran

Tempat wisata di Surabaya yang satu ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga di akhir pekan atau saat musim liburan tiba. Untuk lokasinya sendiri ada di Jl. Pantai Ria Kenjeran no.1, Sukolilo Baru, daerah Kecamatan Bulak. Taman Hiburan Kenjeran ini menyuguhkan berbagai macam daya Tarik kepada wisatawan, seperti  waterboom, berbagai bangunan unik serta pantai. Anda bisa menghabiskan waktu di tempat ini dengan jalan santai, berenang, bermain dan berfoto di bangunan – bangunan unik atau juga bisa menikmati sunset di senja hari yang sangat indah di tepi pantai. Selain anda bisa menikmati suasana di tempat wisata ini, andaa juga berburu aneka kuliner khas Surabaya di Kawasan tersebut. Harga tiket masuk ke kawasan ini hanya Rp.5,000, namun harga ini belum termasuk biaya parkir dan aktivitas tambahan di dalam Kawasan tersebut.

Kampung Bulak

Tempat wisata di surabaya lainnya, setelah menikmati indahnya taman dan pantai di daerah pantai ria Kejaren, anda mungkin bisa berkunjung juga ke Kampung Bulak. Kampung Bulak kini telah menjadi salah satu ikon di Surabaya, disana anda bisa melihat ke indahan bangunan yang di cat warna – warni dan lukisan tembok yang bagus sehingga bisa anda jadikan untuk background ketika foto di sini. Proses pengecatan rumah-rumah ini dimulai saat ada acara Bulak Fest, sekitar bulan April 2016 Setiap pengunjung yang ingin berwisata disini hanya perlu mengeluarkan Rp.2,000. Anda bisa mengunjungi 08.00-22.00 WIB.

Tempat Wisata di Surabaya : Museum House of Sampoerna

Ada lagi alternatif tempat wisata di surabaya Museum House of Sampoerna ini dahulunya merupakan pabrik rokok yang pertama kali berdiri di Surabaya. Mulai beroperasi sejak tahun 1862 dan kini menjadi bangunan bersejarah yang menjadi objek wisata. Bangunan bergaya kolonial Belanda ini terletak di Jalan Taman Sampoerna Krembangan. Walaupun usianya sudah ratusan tahun, tetapi terlihat sebagai bangunan yang megah. Bagian depannya memiliki empat pilar kokoh yang menyerupai bentuk batangan rokok. Untuk biaya masuknya pun gratis tidak berbayar, anda bisa mengunjunginya di alamat Jl. Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian.

Baca juga : wisata malaysia

Ini Dia! 5 Tempat Wisata di Surabaya

Leave a Reply