Jual Kambing Aqiqah Ust Suaib

Jual kambing Aqiqah – Mempunyai seorang putra dan putri adalah impian bagi semua pasangan, bahkan hingga pasangan yang saat ini belum dikarunia seorang anak pun rela menempuh berbagai macam cara program kehamilan dengan biaya bahkan hingga mencapai puluhan juta rupiah untuk memperoleh seorang anak.

jual kambing aqiqah

Silahkan disimak cara Jual kambing Aqiqah, mulai dari pengolahan, perawatan hingga bagaimana cara menjualnya.

Bagaimana Cara atau Tips dalam Memilih Tempat Jual Kambing Aqiqah

Sebagai seorang muslim, pastinya di sini Anda telah mengetahui salah satu hadis yang mengatakan jika tiap bayi yang terlahir di dunia dalam keadaan tergadaikan. Untuk menebus hal tersebut, maka perlu untuk dilakukan aqiqah.

Untuk waktu yang paling diutamakan dalam melaksanakan aqiqah yaitu saat bayi berusia 7, 14 ataupun 21 hari.

Namun jika orang tua masih belum mampu untuk melakukannya, maka boleh dilaksanakan saat orang tua tersebut sudah memiliki uang.

Ada banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan ketika ingin melangsungkan aqiqah tersebut, salah satunya yaitu memilih tempat jual kambing aqiqah yang terpercaya.

Di dalam proses pelaksanaannya sendiri, aqiqah tersebut memang terdapat beberapa tahap yang perlu dilakukan. Tahapan-tahapan tersebut antara lain yaitu:

Jual Kambing Aqiqah Pemilihan Hewan

Tahapan yang pertama adalah tahap memilih hewan aqiqah, di mana di sini hewan yang sangat dianjurkan untuk digunakan aqiqah yaitu domba atau kambing yang telah memasuki usia 1 tahun untuk kambing. Sedangkan untuk domba harus berusia setidaknya 6 bulan.

Menyembelih Hewan

Tahapan yang kedua yaitu penyembelihan hewan aqiqah. Proses penyembelihan ini harus dilakukan sesuai dengan syarat aqiqah serta ketentuan Islam.

Mengolah Daging Hewan

Di tahapan ketiga yaitu Anda harus mengolah daging kambing atau domba aqiqah yang telah disembelih sebelumnya untuk dijadikan masakan yang enak dan lezat.

Membagikan Hasil Masakan

Untuk tahapan yang terakhir yaitu Anda harus membagikan hasil masakan tersebut pada saudara ataupun tetangga yang di sini mereka kurang mampu.

Untuk Anda yang mampu melaksanakan kegiatan aqiqah, menyembelih serta memasak daging hewan sendiri pastinya sangat disarankan sekali. Tapi di sini jika Anda dirasa tidak bisa menyembelih sendiri karena kurang memiliki kemampuan atau keahlian dalam menyembelih atau Anda terlalu sibuk bekerja, maka bisa menggunakan jasa aqiqah.

Biasanya tempat jual kambing aqiqah akan memberikan jasa tersebut sehingga merupakan salah satu pilihan yang bisa memudahkan Anda dalam melaksanakan kegiatan aqiqah bagi putra-putri tercinta.

Di dalam memilih layanan jasa jual kambing aqiqah memang dirasa gampang-gampang susah. Di sini Anda perlu memperhatikan tips yang akan diberikan.

Pilih Tempat Jual Kambing Aqiqah yang Sudah Terkenal

Hal pertama yaitu Anda perlu memastikan bahwasanya jasa jual kambing aqiqah yang hendak Anda gunakan tersebut sudah terkenal. Jasa yang terkenal dan terpercaya pastinya mempunyai pengalaman dan mereka mampu bersikap secara profesional. Selain itu juga jasa tersebut sudah mempunyai banyak sekali testimoni dari konsumen.

Sekalipun jasa aqiqah telah terkenal, bukan berarti di sini Anda dapat langsung percaya begitu saja, Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk lokasi tempat jual kambing aqiqah, harga dan juga segala proses hingga akhirnya paket tersebut diantar ke rumah Anda.

Memastikan Hewan Aqiqah yang Digunakan

Sebelum Anda memutuskan untuk memakai jasa aqiqah tersebut pastikan lebih dahulu bahwa hewan yang dipakai baik itu domba atau kambing. Anda harus melakukan proses pengecekan pada hewan tersebut, baik itu datang langsung ke tempat jual kambing aqiqah atau dengan melihat video yang mereka kirimkan.

Pastikan Syar’i

Hal yang perlu Anda pertimbangkan selanjutnya adalah pastikan pula di sini Anda sudah memilih jasa jual kambing aqiqah yang melakukan segala prosesnya dengan syar’i. Untuk memastikan hal itu Anda bisa meminta dokumentasi untuk tiap proses yang telah mereka lakukan, terlebih ketika tahapan penyembelihan kambing atau domba.

Jasa aqiqah yang terbaik pastinya juga mempunyai bermacam pilihan paket aqiqah yang dijual dengan harga variatif. Sehingga dengan begitu tentunya akan bisa menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.

Proses Pengantaran

Hal selanjutnya yang penting untuk Anda ketahui yaitu proses pengantaran untuk kambing aqiqah atau paket aqiqah yang sudah Anda pilih. Baik itu transportasi yang dipakai untuk melakukan pengantaran, hingga apakah nantinya terdapat biaya untuk proses pengantaran aqiqah yang telah disepakati.

Pembayaran

Hal terakhir yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu proses pembayaran. Jasa jual kambing aqiqah dan paket yang terbaik serta profesional umumnya hanya meminta 50% dari total harga sebagai syarat pemesanan. Di mana sisa pembayaran akan dilakukan setelah paket tersebut mereka terima.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat ingin memilih tempat jual kambing aqiqah. Selanjutnya akan diberikan apa saja pertimbangan yang harus dilakukan ketika Anda ingin memilih kambing aqiqah yang memenuhi syarat.

Aqiqah dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk syukur terhadap lahirnya anak. Sebenarnya aqiqah juga dapat dilakukan dengan cara Anda menyembelih sapi maupun unta. Namun domba dan kambing merupakan pilihan yang paling sering dijumpai, utamanya di Negara Indonesia.

Bila hal tersebut merupakan pengalaman pertama bagi Anda yang baru mempunyai anak, mungkin akan muncul berbagai macam pertanyaan mengenai aqiqah tersebut. Termasuk seperti apa kambing yang pantas untuk Anda pilih.

Tak perlu bingung karena sebenarnya adalah memilih kambing aqiqah ini memang cukup mudah untuk dilakukan. Terlebih saat ini telah banyak tawaran paket untuk penyelenggaraan aqiqah.

Memilih Kambing Aqiqah

 

Untuk proses pemilihan kambing aqiqah Anda perlu melihat tiga poin antara lain yaitu:

Perhatikan Usia dari Kambing

Hal pertama yang perlu untuk Anda perhatikan yaitu usia dari kambing aqiqah tersebut. Sebenarnya tak jauh berbeda untuk kambing yang digunakan kurban yaitu kambing sudah memasuki usia 1 tahun. Sedangkan untuk jumlahnya sendiri satu ekor untuk anak perempuan dan 2 ekor untuk anak yang berjenis kelamin laki-laki.

Syarat Fisik

Syarat fisik kambing yang digunakan untuk aqiqah juga merujuk pada syarat kambing kurban di mana dalam kambing aqiqah ini kondisinya harus sehat, berbobot serta tidak mau lagi cacat fisik dan penyakit.

Jenis Kelamin Untuk Kambing Aqiqah

Untuk aqiqah Anda bisa memilih kambing yang memiliki jenis kelamin jantan maupun betina

Setelah di sini Anda mengetahui tips memilih kambing aqiqah, maka langkah berikutnya yaitu Anda harus mempersiapkan dana atau anggaran yang diperlukan. Tiap wilayah pastinya membutuhkan dana dan anggaran yang berbeda-beda karena seperti diketahui harga kambing di satu tempat tidaklah sama di tempat yang lain.

Pastikan kegiatan aqiqah tersebut tidak membuat Anda harus berhutang. Karena memang di dalam agama Islam sendiri aqiqah dilakukan jika di sini Anda memang benar-benar mampu. Dan ketika Anda masih belum mampu, maka kegiatan aqiqah tersebut bisa dilakukan dan menunggu hingga akhirnya Anda memiliki uang yang cukup.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai bagaimana tips dalam memilih tempat jual kambing aqiqah yang perlu untuk Anda ketahui. Memilih tempat jual kambing aqiqah tidak bisa dilakukan secara sembarangan, Karena bagaimanapun kegiatan aqiqah ini merupakan bentuk syukur dan ibadah pada Allah SWT.

Jual Kambing Aqiqah Ust Suaib

Leave a Reply