Harga Sapi Qurban di Samarinda 085259657999 Best #1

Harga sapi qurban – Hari raya idul adha tinggal beberapa hari lagi. Persiapan dilakukan oleh umat Islam dalam menghadapi hari raya lebaran idul adha. Bagi mereka mempunyai keuangan berlebih dikenakan kewajiban menyembelih binatang kurban.

Oleh sebab itu, umat Islam yang diberikan harta berlebih menjelang hari raya lebaran idul kurban sibuk mempersiapkan binatang kurban untuk disembelih nantinya. Salah satu menjadi pilihan yaitu binatang sapi.

harga sapi qurban

Keistimewaan Harga Sapi Qurban

  • Harga sapi qurban yang tinggi

Salah satu hewan kurban yang favorit dipilih adalah sapi. Sapi mempunyai harga ekonomis yang cukup tinggi sehingga kalangan orang dari ekonomi menengah ke atas saja umumnya yang diberikan kemampuan untuk berkurban sapi pada hari raya idul adha.

Harga sapi qurban bervariasi. Berkurban menggunakan sapi dinilai akan lebih mendapatkan pahala yang lebih besar ketimbang berkurban menggunakan kambing atau domba.

  • Ketersediaan melimpah

Keistimewaan kurban sapi yang lain adalah pasokan sapi untuk kurban cenderung melimpah dari berbagai daerah di Indonesia. Khususnya daerah penghasil sapi skala nasional seperti Bali, Madura dan NTB.

Para penduduk yang berada di wilayah pedesaan di Indonesia pun sering menjadikan usaha beternak sapi sebagai mata pencaharian sampingan. Sehingga pasokan sapi saat idul adha selalu ada yang berasal dari kota dan desa.

Namun umumnya harga sapi qurban pada saat menjelang hari raya idul adha mengalami lonjakan kenaikan harga. Oleh sebab itulah, sejak jauh hari umat Islam yang mau berkurban sapi sebaiknya sudah mempersiapkan diri saat harga sapi qurban sedang berada di harga standar.

  • Pembagian daging lebih banyak

Ibadah kurban dalam ajaran agama Islam mengandung unsur ibadah kepada Allah swt sekaligus nilai sosial. Dengan seseorang memilih kurban menggunakan sapi maka dampaknya akan terasa lebih luas kepada masyarakat. Masyarakat akan lebih banyak mendapatkan jatah daging hewan kurban ketimbang seseorang berkurban domba atau kambing.

  • Dapat bersekutu dalam jumlah tujuh orang

Keistimewaan kurban dengan sapi berikutnya adalah dapat dilakukan kurban satu ekor sapi oleh tujuh orang bersamaan. Sehingga  pembelian satu ekor sapi untuk kurban dapat lebih ringan dengan dana patungan.

Hal tersebut diperbolehkan oleh Rasulullah SAW. Pendek kata, satu ekor sapi yang dijadikan hewan kurban dapat dibeli patungan oleh tujuh orang bersama-sama untuk kurban. Hal tersebut tak berlaku pada binatang domba atau kambing.

Demikianlah keistimewaan kurban sapi. Semua itu tak bisa anda peroleh dengan menyembelih hewan kurban kambing atau domba pada hari raya idul adha.

Berapa Harga Sapi qurban?

Harga sapi qurban bervariasi di setiap daerah. Adapun faktor yang turut menentukan harga sapi untuk kurban di setiap daerah, antara lain :

  • Permintaan dan jumlah pasokan

Hal tersebut sesuai hukum pasar bahwasanya semakin banyak permintaan sedangkan pasokan sapi langka maka harga sapi qurban akan melonjak tinggi. Sebaliknya jika jumlah permintaan sangat sedikit sedangkan pasokan sapi qurban berlimpah maka harga sapi kurban akan cenderung lebih murah.

Hal tersebut ditandai dengan banyaknya para penjual sapi  yang menawarkan harga bersaing. Untuk memilih sapi kurban maka ajaran agama Islam yang terdapat dalam Al Quran dan al hadits telah memberikan ketentuannya.

Berikut ini persyaratan hewan sapi yang dapat dijadikan hewan kurban pada hari raya idul adha, antara lain :

Kondisi Sehat

Seekor sapi yang sehat dapat dilihat dari mempunyai nafsu makan yang baik dan bulu-bulunya  berwarna cerah serta badannya gemuk atau tidak kurus.

  • Kondisi tidak cacat. Seperti matanya tidak buta, tidak pincang atau kakinya tidak cacat dan lain sebagainya.
  • Usia sapi sudah memenuhi syarat untuk dijadikan binatang kurban. Sekurang-kurangnya umur 22 bulan. Anda bisa bertanya langsung kepada penjualnya tentang umur sapi.
  • Harga sapi kurban murah

Ketika anda mendapatkan seekor sapi kurban dijual oleh pedagangnya dengan harga sangat murah maka anda perlu waspada.  Karena harga sapi kurban mesti sesuai pasaran. Bagi anda yang belum mengetahui harga sapi qurban sesuai pasaran maka berikut ini daftar harganya, antara lain :

  • Sapi Jawa berat sekitar200 kilogram sampai 350 kilogram dijual dengan harga sekitar Rp 14 juta sampai Rp 24,5 juta.
  • Sapi Yaman bobot sekitar 220 kilogram dijual dengan harga dikisaran Rp 28 juta
  • Sapi limosin berat 500 kilogram dijual dengan harga pasaran paling rendah sebesar Rp 29 juta
  • Sapi Bali berat 200 kilogram sampai 350 kilogram dijual di pasaran secara umum sebesar Rp 13,6 juta hingga Rp 28,8 juta.
  • Sapi madura dengan berat 200 kilogram sampai 350 kilogram harga pasarannya Rp 14 juta sampai Rp 24,5 juta.

Harga sapi qurban tersebut berubah-ubah. Setiap tahun mengalami kenaikan yang bervariasi. Jadi menjelang hari raya idul adha tiba bagi mereka yang memiliki uang berlebih sebaiknya mempersiapkan diri untuk membeli hewan sapi untuk dijadikan binatang kurban pada hari raya idul adha.

Video Cara Memotong Sapi Qurban

Harga Sapi Qurban di Samarinda 085259657999 Best #1

Leave a Reply