I tikaf di Mesjid

I tikaf di Mesjid

Tak terasa kita sudah masuk di 10 hari terakhir Ramadhan. Salah satu sunah nya kita melakukan i tikaf di dalam mesjid.

i tikaf di mesjid

i tikaf di mesjid

“Dari Ibnu Umar ra. ia berkata, Rasulullah saw. biasa ber i tikaf pada sepuluh hari terakhir pada bulan Ramadhan.” (HR Bukhari dan Muslim)

“Dari Abu Hurairah R.A. ia berkata, Rasulullah SAW. biasa ber i’tikaf pada tiap bulan Ramadhan sepuluh hari, dan tatkala pada tahun beliau meninggal dunia beliau telah beri’tikaf selama dua puluh hari. (HR Bukhori).

Barangsiapa sudah ber i tikaf bersama Nabi maka pulanglah, karena aku diperlihatkan (dalam mimpi) Lailatul Qadar namun aku dilupakan waktunya yang pasti. Namun dia ada pada sepuluh malam-malam akhir dan pada malam yang ganjil. Sungguh aku melihat dalam mimpi, bahwa aku sujud di atas tanah dan air (yang becek). Pada masa itu atap masjid masih terbuat dari daun dan pelepah pohon kurma, dan kami tidak melihat sesuatu di atas langit hingga kemudian datang awan dan turunlah air hujan. Maka Nabi shalat bersama kami hingga aku melihat sisa-sisa tanah dan air pada wajah dan ujung hidung Rasulullah sebagai bukti kebenaran mimpi beliau. (HR. bukhari no. 771) Read the rest of this entry »

Tags:

Kultwit @Yusuf_Mansur – #lailaturqodar

Kultwit @Yusuf_Mansur – #lailaturqodar

Berikut ini Kultwit Ust. Yusuf Mansur – 11 agustus 2011.

#lailatulQodar 1. Suka dengar ngga ceramah saya tentang malaikat Allah…? We are not alone… Salah satu yang menemani kita adalah Malaikat2…
#LailatulQodar 2. Tentunya ada juga jin, syetan dan iblis… Bukan kita satu2nya penghuni bumi ini…
#lailatulQodar 3. Saya kasih  contoh ya… Secuplik dua cuplik dari ceramah saya, atas Izin Allah… tentang keberadaan Malaikat Allah…
#lailatulQodar 4. Seorang anak remaja, jalan kuliah. tapi ibunya lupa ngasih ongkos. Dia pun lupa ngga minta. Maen jalan aja…
#lailatulQodar 5. Ibunya tersadar ketika anaknya udah jalan. Lalu ibunya angkat tangan ke langit, “Ya Allah, kutitipkan anakku pd-Mu…
#lailatulQodar 6. Kernet di dalam bus mulai datang menghampiri. Mengambil ongkos satu demi satu. Hingga sampai ke posisi anak remaja ini duduk. Read the rest of this entry »

Undangan Aqiqah dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Undangan Aqiqah dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

undangan aqiqah in islam

undangan aqiqah in islam

Undangan Aqiqah dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam aqiqah digambarkan sebagai berikut. Di sini kita tidak ada kewajiban dalam undangan aqiqah. Namun disunahkan dalam pemilihan Kambing yang akan di sembelih mencapai umur minimal satu tahun dan sehat tanpa cacat sebagaimana persyaratan untuk hewan qurban.

Jika bayi yang dilahirkan laki-laki, dianjurkan untuk menyembelih dua ekor kambing yang sepadan (sama besarnya), sedangkan bayi perempuan disembelihkan satu ekor kambing. Hal ini berdasar atas hadits dari Ummu Karaz al-Ka’biyah, Rasul saw.bersabda: “Bagi anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan bagi anak perempuan (disembelihkan) satu ekor. Dan tidak membahayakan kamu sekalian apakah sembelihan itu jantan atau betina” (H. R. Ahmad dan Tirmidzi)

Hal seperti yang tersebut di atas berlaku pula untuk orang yang dikaruniai rizqi yang cukup oleh Allah SWT. Sedangkan orang yang kemampuannya terbatas, diperbolehkan untuk meng’ aqiqahi anak laki-laki maupun anak perempuan dengan satu ekor kambing.

Pernah diriwayatkan dalam hadits dari Ibnu ‘Abbas r.a.: “Bahwa Rasulullah saw. telah meng aqiqah i Al-Hasan Read the rest of this entry »

Tags:

Kultwit @Yusuf_Mansur – #lebih

Kultwit @Yusuf_Mansur – #lebih

#lebih 1. Pengen punya pahala puasa lebih…?
#lebih 2. Simpel loh sebenernya… Di antaranya, berdoa… Berdoa adalah di antaranya.. Bukan hanya u/ diri sendiri. Tp jg u/ orang lain.
#lebih 3. Misal: ya Allah, trimalah puasanya orang2 yg trdahulu, skrng, hingga orang2 akhir zaman. Sbg puasa yg Engkau ridhai, &terima.
#lebih 4. Biasain tuh doa kayak gitu. Perbesar sekalian. “Jadikan puasa kami manfaat buat alam ini dan seisinya…”
#lebih 5. Tambahin lagi doanya… “Jadikan puasa ini penggugur dosa kami, penghapus kesalahan kami, penaik derajat kami, membuka surga..”
#lebih 6. Teruuuuussss tambahin dg doa2… Simpel. Tp nambah bobot berkali2 lipat.
#lebih 7. Saya kalo shalat, pun begitu. Sebelom shalat, saya doa dulu. Agar shalatnya diterima, disempurnain… Tp bkn diri sendiri aja.
#lebih 8. Misal: “Ya Allah, trimalah shltnya sy, &shltnya orang2 yg shlt, dari orang2 yg trdahulu, skrng, hingga akhir zaman…
#lebih 9. Lalu tambahin lagi dg serentetan doa lain. Juga msh u/ semua. Misal: jadikan shalat ini sbg jalan Engkau tolong kami… Dll doa.
#lebih 10. Baca qur’an juga begitu… Doa, dan perbesar doanya… Met buka puasa ya… Doa jgn lupa… Salam.
Yusuf Mansur ?@Yusuf_Mansur

Kultwit @Yusuf_Mansur – #rotikosong

Kultwit @Yusuf_Mansur – #rotikosong

#rotikosong 1. Bismillaah… Ini ttg riya’…
#rotikosong 2. Dari balik kemudi, seorang kawan menoleh ke kanan… “Kamu liat masjid itu… Kl bkn krn aku, ga ada pintunya…”
#rotikosong 3. … Bbrp bl yg lalu, masjid kekurangan duit u/ pintu masjid. 4 pintu masjid, +pintu2 kamar2 mandinya, aku yg pasangkan…
#rotikosong 4. Mbl lalu melaju, masjid pun tertinggal di belakang. Tdk kelihatan lagi dari balik spion. Kawan ini msh menambahkan…
#rotikosong 5. “Saya kalau lwt masjid tadi, suka tersenyum. Makasih dah dikasih kesempatan buat nutup biaya pasang pintu…
#rotikosong 6. … Jadi bisa beramal sebelom mati… Dan sejak itu, saya demen banget nanggung pintu2 masjid…
#rotikosong 7. … Saya datangi masjid2 yg sdg dibangun, lalu saya sampaikan, pintunya biar dari saya saja…
#rotikosong 8. … Jadilah kemudian masjid2 di sekitar sini dan bbrp masjid di bbrp kota, pintunya dari saya…”
#rotikosong 9. Kawannya mendengar. Dia tidak trganggu dg seluruh kalimat kawannya ini… Kecuali kalimat kecil di awal…
#rotikosong 10. “… Kamu liat masjid itu… Kl bkn krn aku, ga ada pintunya…”. Ini yg dikoreksi sama kawan ini… Bukan semua kalimat…
#rotikosong 11. To be continued…
#rotikosong 12. To be continued itu artinya: Bersambung… (He he he, tauuuuuuuuuu ustaaaaddddzzz… Ok. Tar saya terusin. InsyaAllah…).
#rotikosong 13. Sebelom saya sambung nanti, saya punya “hutang”, ttg amalan dari Wirda agar bs mimpi ketemu Nabi Muhammad.
#rotikosong 14. Kata Wirda saat 7th umurnya, “Rasul ngasih tau ke Kaka, kalo mau ketemu Rasul, baca Surah Muhammad…”
#rotikosong 15. Begitu kata Wirda. Nah, coba dah baca. Jgn2 malah ga tau ada nama Surah yg pake nama Nabi. Baca jg artinya.
#rotikosong 16. Kalo bisa malah dihafalin kata Wirda, spy berulang2 bacanya, dan disimpen tuh surah di hati&pikiran.
#rotikosong 17. Ttg riya’, belajarnya ga bisa sekali jalan. Kudu santai, kudu dg hati lapang. Dan terus2an belajarnya. Jd ga sempit.
#rotikosong 18. Ok, udah tu bi kontinyud. Jadi.. Ya sampe ketemu lain wkt ya… Lain tweet. Makasih yaaa… Ai lav yu fuuuuullll…

#rotikosong2 1. Sekuel lanjutan niy…
#rotikosong2 2. Seorang jalan menuju 1 anak yatim yg dia ketahui lagi sakit. Dia tunggu malam agak larut…
#rotikosong2 3. Kira2 jam 23, dia jalan keluar rumah. Menuju rumah yatim tersebut. Dia ga kepengen ada yg melihat, ga kepengen ada yg tau…
#rotikosong2 4. Pengennya hanya Allah yg tau amalannya. Dia masukkan selembar seratus ribuan ke dalam amplop. Tanpa nama. Lalu dia bawa…
#rotikosong2 5. Bulan dan bintang melihat. Pepohonan, dedaunan, kerikil, pasir, pun melihat. Menjadi saksi keikhlasannya.
#rotikosong2 6. Di tengah perjalanan, papasan dg seorang kwn. “Mau kemana…?”. Dijawabnya enteng, “Nyari angin…”.
#rotikosong2 7. Lalu berlalu dari kwnnya itu, tanpa ngasih tau mau ngasih duit ke yatim di seberang sana.
#rotikosong2 8. Di depan rumah yatim tsb, ia masukkan amplop tak bernama ke selipan pintu bawah. “Pagi2 mereka akan senang,” bisiknya.
#rotikosong2 9. Kembalilah ia ke rumah. Puas hatinya. Ia berdoa, “Amalku hanya u/ Mu yaa Allah. Biar Engkau saja Yg Tau…
#rotikosong2 10. … Bahkan aku tak berharap balas dari-Mu yaa Allah. Biarlah amalku u/ Mu tanpa aku berharap balas…”
#rotikosong2 11. Beginilah tipe ikhlas yg dikenal masyarakat Indonesia secara luas. Semua pun insyaAllah sepakat, inilah ikhlas. Memang.
#rotikosong2 12. Ya, memang. Ga salah. Luar biasa. Jalan gelap2, memberi tanpa diketahui, papasan tak buka rahasia. Dan tak ada doa.
#rotikosong2 13. Tu bi kontinyud lg… Sampe ktm di #rotikosong3. Yg deket dg al azhar bsd, sampe ketemu di sana. Jam2 20.30. Salam.

#rotikosong3 1. Jika ikhlas hanya 1 jenis seperti #rotikosong2, maka hilanglah kesempatan banyak manusia u/ beramal lebih.
#rotikosong3 2. Ini yg saya sebut dg rotikosong. Roti tanpa mentega, tanpa keju, tanpa seres, tanpa susu, tanpa lain2.
#rotikosong3 3. Tu bi kontinyud… Nyahurnya belom bereeeeeeeesss… He he… +ada macem2 lagi yg mau dikerjain… Opening aja dulu dah ya..

Page 30 of 71« First...1020...2829303132...405060...Last »