Undangan Aqiqah dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Undangan Aqiqah dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

undangan aqiqah in islam

undangan aqiqah in islam

Undangan Aqiqah dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam aqiqah digambarkan sebagai berikut. Di sini kita tidak ada kewajiban dalam undangan aqiqah. Namun disunahkan dalam pemilihan Kambing yang akan di sembelih mencapai umur minimal satu tahun dan sehat tanpa cacat sebagaimana persyaratan untuk hewan qurban.

Jika bayi yang dilahirkan laki-laki, dianjurkan untuk menyembelih dua ekor kambing yang sepadan (sama besarnya), sedangkan bayi perempuan disembelihkan satu ekor kambing. Hal ini berdasar atas hadits dari Ummu Karaz al-Ka’biyah, Rasul saw.bersabda: “Bagi anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan bagi anak perempuan (disembelihkan) satu ekor. Dan tidak membahayakan kamu sekalian apakah sembelihan itu jantan atau betina” (H. R. Ahmad dan Tirmidzi)

Hal seperti yang tersebut di atas berlaku pula untuk orang yang dikaruniai rizqi yang cukup oleh Allah SWT. Sedangkan orang yang kemampuannya terbatas, diperbolehkan untuk meng’ aqiqahi anak laki-laki maupun anak perempuan dengan satu ekor kambing.

Pernah diriwayatkan dalam hadits dari Ibnu ‘Abbas r.a.: “Bahwa Rasulullah saw. telah meng aqiqah i Al-Hasan Read the rest of this entry »

Tags:

Kultwit @Yusuf_Mansur – #lebih

Kultwit @Yusuf_Mansur – #lebih

#lebih 1. Pengen punya pahala puasa lebih…?
#lebih 2. Simpel loh sebenernya… Di antaranya, berdoa… Berdoa adalah di antaranya.. Bukan hanya u/ diri sendiri. Tp jg u/ orang lain.
#lebih 3. Misal: ya Allah, trimalah puasanya orang2 yg trdahulu, skrng, hingga orang2 akhir zaman. Sbg puasa yg Engkau ridhai, &terima.
#lebih 4. Biasain tuh doa kayak gitu. Perbesar sekalian. “Jadikan puasa kami manfaat buat alam ini dan seisinya…”
#lebih 5. Tambahin lagi doanya… “Jadikan puasa ini penggugur dosa kami, penghapus kesalahan kami, penaik derajat kami, membuka surga..”
#lebih 6. Teruuuuussss tambahin dg doa2… Simpel. Tp nambah bobot berkali2 lipat.
#lebih 7. Saya kalo shalat, pun begitu. Sebelom shalat, saya doa dulu. Agar shalatnya diterima, disempurnain… Tp bkn diri sendiri aja.
#lebih 8. Misal: “Ya Allah, trimalah shltnya sy, &shltnya orang2 yg shlt, dari orang2 yg trdahulu, skrng, hingga akhir zaman…
#lebih 9. Lalu tambahin lagi dg serentetan doa lain. Juga msh u/ semua. Misal: jadikan shalat ini sbg jalan Engkau tolong kami… Dll doa.
#lebih 10. Baca qur’an juga begitu… Doa, dan perbesar doanya… Met buka puasa ya… Doa jgn lupa… Salam.
Yusuf Mansur ?@Yusuf_Mansur

Kultwit @Yusuf_Mansur – #rotikosong

Kultwit @Yusuf_Mansur – #rotikosong

#rotikosong 1. Bismillaah… Ini ttg riya’…
#rotikosong 2. Dari balik kemudi, seorang kawan menoleh ke kanan… “Kamu liat masjid itu… Kl bkn krn aku, ga ada pintunya…”
#rotikosong 3. … Bbrp bl yg lalu, masjid kekurangan duit u/ pintu masjid. 4 pintu masjid, +pintu2 kamar2 mandinya, aku yg pasangkan…
#rotikosong 4. Mbl lalu melaju, masjid pun tertinggal di belakang. Tdk kelihatan lagi dari balik spion. Kawan ini msh menambahkan…
#rotikosong 5. “Saya kalau lwt masjid tadi, suka tersenyum. Makasih dah dikasih kesempatan buat nutup biaya pasang pintu…
#rotikosong 6. … Jadi bisa beramal sebelom mati… Dan sejak itu, saya demen banget nanggung pintu2 masjid…
#rotikosong 7. … Saya datangi masjid2 yg sdg dibangun, lalu saya sampaikan, pintunya biar dari saya saja…
#rotikosong 8. … Jadilah kemudian masjid2 di sekitar sini dan bbrp masjid di bbrp kota, pintunya dari saya…”
#rotikosong 9. Kawannya mendengar. Dia tidak trganggu dg seluruh kalimat kawannya ini… Kecuali kalimat kecil di awal…
#rotikosong 10. “… Kamu liat masjid itu… Kl bkn krn aku, ga ada pintunya…”. Ini yg dikoreksi sama kawan ini… Bukan semua kalimat…
#rotikosong 11. To be continued…
#rotikosong 12. To be continued itu artinya: Bersambung… (He he he, tauuuuuuuuuu ustaaaaddddzzz… Ok. Tar saya terusin. InsyaAllah…).
#rotikosong 13. Sebelom saya sambung nanti, saya punya “hutang”, ttg amalan dari Wirda agar bs mimpi ketemu Nabi Muhammad.
#rotikosong 14. Kata Wirda saat 7th umurnya, “Rasul ngasih tau ke Kaka, kalo mau ketemu Rasul, baca Surah Muhammad…”
#rotikosong 15. Begitu kata Wirda. Nah, coba dah baca. Jgn2 malah ga tau ada nama Surah yg pake nama Nabi. Baca jg artinya.
#rotikosong 16. Kalo bisa malah dihafalin kata Wirda, spy berulang2 bacanya, dan disimpen tuh surah di hati&pikiran.
#rotikosong 17. Ttg riya’, belajarnya ga bisa sekali jalan. Kudu santai, kudu dg hati lapang. Dan terus2an belajarnya. Jd ga sempit.
#rotikosong 18. Ok, udah tu bi kontinyud. Jadi.. Ya sampe ketemu lain wkt ya… Lain tweet. Makasih yaaa… Ai lav yu fuuuuullll…

#rotikosong2 1. Sekuel lanjutan niy…
#rotikosong2 2. Seorang jalan menuju 1 anak yatim yg dia ketahui lagi sakit. Dia tunggu malam agak larut…
#rotikosong2 3. Kira2 jam 23, dia jalan keluar rumah. Menuju rumah yatim tersebut. Dia ga kepengen ada yg melihat, ga kepengen ada yg tau…
#rotikosong2 4. Pengennya hanya Allah yg tau amalannya. Dia masukkan selembar seratus ribuan ke dalam amplop. Tanpa nama. Lalu dia bawa…
#rotikosong2 5. Bulan dan bintang melihat. Pepohonan, dedaunan, kerikil, pasir, pun melihat. Menjadi saksi keikhlasannya.
#rotikosong2 6. Di tengah perjalanan, papasan dg seorang kwn. “Mau kemana…?”. Dijawabnya enteng, “Nyari angin…”.
#rotikosong2 7. Lalu berlalu dari kwnnya itu, tanpa ngasih tau mau ngasih duit ke yatim di seberang sana.
#rotikosong2 8. Di depan rumah yatim tsb, ia masukkan amplop tak bernama ke selipan pintu bawah. “Pagi2 mereka akan senang,” bisiknya.
#rotikosong2 9. Kembalilah ia ke rumah. Puas hatinya. Ia berdoa, “Amalku hanya u/ Mu yaa Allah. Biar Engkau saja Yg Tau…
#rotikosong2 10. … Bahkan aku tak berharap balas dari-Mu yaa Allah. Biarlah amalku u/ Mu tanpa aku berharap balas…”
#rotikosong2 11. Beginilah tipe ikhlas yg dikenal masyarakat Indonesia secara luas. Semua pun insyaAllah sepakat, inilah ikhlas. Memang.
#rotikosong2 12. Ya, memang. Ga salah. Luar biasa. Jalan gelap2, memberi tanpa diketahui, papasan tak buka rahasia. Dan tak ada doa.
#rotikosong2 13. Tu bi kontinyud lg… Sampe ktm di #rotikosong3. Yg deket dg al azhar bsd, sampe ketemu di sana. Jam2 20.30. Salam.

#rotikosong3 1. Jika ikhlas hanya 1 jenis seperti #rotikosong2, maka hilanglah kesempatan banyak manusia u/ beramal lebih.
#rotikosong3 2. Ini yg saya sebut dg rotikosong. Roti tanpa mentega, tanpa keju, tanpa seres, tanpa susu, tanpa lain2.
#rotikosong3 3. Tu bi kontinyud… Nyahurnya belom bereeeeeeeesss… He he… +ada macem2 lagi yg mau dikerjain… Opening aja dulu dah ya..

Kambing Aqiqah dan Hadits Tentang Lahiran Anak

Kambing Aqiqah dan Hadits Tentang Lahiran Anak

Setelah menemui ustadz Zaka yang mengelola kambing aqiqah, saya mencari beberapa referensi tentang aqiqah. Hukum melakukan aqiqah ini adalah sunnah muakkad, sekalipun orang tua dalam keadaan sulit. Makna aqiqah itu sendiri berarti rambut makhluk yang baru dilahirkan dan binatang yang disembelih untuk anak yang baru lahir pada hari ketujuhnya.

Beberapa hadits aqiqah ini Ashabus Sunan meriwayatkan dari Samurah, Nabi saw. bersabda: “Setiap anak yang lahir itu terpelihara dengan aqiqahnya, yang disembelih untuknya pada hari ketujuhnya, ia dicukur dan diberi nama.”

Jadi kita disunahkan untuk menyembelih kambing aqiqah.

Read the rest of this entry »

Kultwit @Yusuf_Mansur – #mimpiwirda

Kultwit @Yusuf_Mansur – #mimpiwirda

Mimpi Wirda. Seperti yang di cerita kan kembali oleh ust. Yusuf Mansur, tentang mimpi wirda bertemu dengan baginda Rasulullah SAW.

#mimpiwirda 1. 1 malam sebelom Wirda mimpi ketemu Rasul, kami bercanda2 di meja makan. Saat itu Wirda baru 7th…
#mimpiwirda 2. Mamahnya wirda, Maemunah, ngasih tau saya, “Pah, Kaka dah hafal Yaasiin sampe Innamaa amruhu loh…”.
#mimpiwirda 3. Saya terkejut senang. Putrikuuuu… 7th… tapi udah hafal Yaasiin sampe innamaa amruhuu… “Masa sih…?” tanya saya.
#mimpiwirda 4. Wirda dan Mamahnya pun 2-2 nya tersenyum. Lalu Wirda saya suruh baca…
#mimpiwirda 5. Mulailah Wirda baca… Saat Wirda mulai baca, menetes air mata saya. Ayah mana yang ngga trharu. Putrinya hafal Yaasiin!
#mimpiwirda 6. “… Yaasiin Innamaa amruhuu idzaa arooda syai-an ay yaquula lahuu kun fayakuun.” Begitu Wirda baca.
#mimpiwirda 7. Saya yang lagi terharu, eh koq liat wirda sama mamahnya senyum2… Saya baru sadar sesuatu… Mereka Sedang bercanda Dengan saya… Read the rest of this entry »

Page 30 of 70« First...1020...2829303132...405060...Last »