Makanan Khas Kalimantan Timur – 08122145621

Makanan Khas Kalimantan Timur – 08122145621

Makanan khas Kalimantan Timur. Jalan-jalan ke kawasan Kalimantan Timur dengan ibukota Samarinda, tentu tidak lengkap jika tidak mencicipi aneka kuliner khas dari daerah tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas Kalimantan Timur, antara lain seperti yang dijelaskan dalam artikel berikut ini.

Daftar Makanan khas kalimantan timur

Ilat Sapi

Ilat artinya lidah. Makanan ini bentuknya bulat menjadi salah satu makanan khas kalimantan timur. Bisa dijadikan camilan.

Pempek

Pempek atau mpekmpek di Samarinda ada juga. Dibuat dari ikan tenggiri, yang memiliki rasa ikan dahsyat, terasa sampai gigitan terakhir. Bisa buat camilan, oleh-oleh atau hidangan acara reuni, keluarga, pesta pernikahan, seminar dan lain sebagainya. Pesan Mpek mpek di Samarinda, silakan hubungi Lestari 08122145621

Amplang

Amplang adalah salah satu makanan khas kalimantan timur.

Ayam Cincane

Seperti namanya, penganan ini terbuat dari bahan ayam, yang dibumbui dengan aneka macam bahan rempah lainnya, seperti santan, jahe, lengkuas, kemiri, dll. Ayam jenis ini memang paling nikmat jika diolah dengan cara dipanggang,atau dibakar

Nasi bekepor

Makanan kedua khas dari KalTim ini adalah nasi Bekepor. Ini adalah sebuah kuliner lengkap, dimana di dalamnya terdaapt nasi, ikan asin, minyak sayur, dan aneka rempah lainnya. Agar lebih nikmat nasi bakepor ini biasanya disantap dengan sayur Gangan Asam Kukar. Ini adalah sejenis sayur asem yang diolah dengan kepala ikan dan juga ubi.

Makanan jenis ini juga dapat Anda santap dengan Daging Masak Bumi Hangus. Nama ini diambil, karena daging yang dimasak menggunakan kecap ini, jika sudah matang warnanya mirip seperti masakan yang sudah hangus.

Sate payau

Payau dalam bahasa Kalimantan adalah rusa. Jadi sate payau ini adalah sate daging rusa. Makanan seperti ini kini memang sudah jarang. Tapi masih dapat dijumpai, pada pesta adat, khas Kalimantan Timur. Selain dibuat sate, daging rusa ini juga paling enak jika dipepes. Beberapa waktu terakhir sudah sulit ditemui, karena hewan ini termasuk salah satu hewan yang dilindungi.

Sambal raja

Nama Sambal Raja ini, diambil, karena sambal jenis ini adalah salah satu hidangan khas dari kerajaan Kutai. Dilihat selintas, Sambal Raja ini mirip dengan urap, dimana isi dari Sambal Raja ini adalah aneka macam sayuran (kacang panjang, terong, dll), dilengkapi dengan bawang goreng, dan disiram dengan bumbu rasa pedas yang pastinya menyegarkan. Agar lebih nikmat, Sambal Raja ini sebaiknya Anda tambahkan irisan telur rebus tepat di atas makanan tersebut.

Bubur pedas

Anda yang menyukai makanan pedas, tentunya tidak boleh melewatkan penganan yang satu ini, bubur pedas. Seperti namanya, makanan khasKalimantan Timur ini adalah bubur nasi, dan dilengkapi dengan aneka rempah lainnya yang membuat makanan ini bercita rasa pedas.

Oleh Oleh Khas Kalimantan Timur: Amplang, Abon Ikan, Pempek

Semoga informasi ini bermanfaat. Informasi makanan khas kalimantan timur lainnya bisa diikuti di FB Bubuhan Samarinda atau silakan kontak kami di 08122145621. Insya Allah kami siap membantu.

 

makanan khas kalimantan timur

makanan khas kalimantan timur

Related posts:

  1. Aneka Kue Basah Jakarta Timur dan Sekitarnya
  2. Service AC Jakarta Timur
  3. Bakmi Jogja, Bandung
  4. Bekatul Adalah Makanan Sehat Indonesia
  5. Manfaat Bekatul dr Liem Sebagai Makanan Pengganti

Tags:

Makanan Khas Kalimantan Timur – 08122145621

Leave a Reply