Habbatussauda

Habbatussauda

Habbatussauda atau jintan hitam merupakan salah satu rempah-rempah, biasanya dapat dimanfaatkan sebagai tanaman herbal. Rempah-rempah yang satu ini merupakan butiran biji yang warnanya hitam. Jintan hitam sebenarnya sudah dikenal sejak ribuan tahun lamanya, dan sudah digunakan ole masyarakat luas di Timur Tengah, Pakistan dan India guna mengobati beragam penyakit. Tanaman jenis ini bahkan disebut-sebut termasuk tanaman herbal di awal perkembangan agama Islam.

habbatussauda

habbatussauda

Sejarah Habbatussauda di Dunia Pengobatan

Habbatussauda sendiri sudah dkenal banyak dengan berbagai macam nama, misalnya saja black caraway, jintan hitam, black seed, nigella sativa, blac cumin, natura seed, kaluduru dan lain sebagainya. Telah dikenal di dunia pengobatan hebal sejak 2000 sampai 3000 tahun SM. Selain itu, jintan hitam juga sudah tercatat di berbagai literatur kuno tentang ahli pengobatan yang terdahulu, seperti Al-Biruni (973-1048 M), Al Baghdadii, Ibnu Qayyim, Al Antiki dan Ibnu Sina (980-1037 M).

Ibnu ina merupakan peneliti jenius yang berasal dari Timur Tengah dalam dunia pengobatan, dimana namanya tercatat dalam semua referensi sejarah pengobatan baik di dunia barat maupun timur, hidup antara tahun 980-1037 M, sudah meneliti tentang berbagai khasiat jintan hitam di dunia pengobatan dan kesehatan. Diosceredes, sebagai ahli pengobatan di Yunani Kuno, di abad pertama Masehi pun sudah mencatat khasiat dari jintan hitam untuk pengobatan saluran pernafasan dan sakit kepala.

Habbatusauda Obat Herbal Yang Telah Dianjurkan Agama Islam

Abu Hurairah sebelumnya pernah mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Dalam habbatussauda terdapat obat untuk berbagai macam penyakit, kecuali al-sam, yang artinya kematian.” Hadits tersebut diriwayatkan oleh Muslim (7:25), Bukhari (10:118-119), Ahmad (2:241), dan Ibnu Majah (2:342). Ahmad (2:241) dan Tirmidzi (2:3 daam edisi BulaQ) meneruskan riwayat dari Sufyan bin Uyanah yang berasal dari Abu Salamah dan Al-Zuhri.

Pada alkitab terbitan dari Eastons, menurut perjanjian lama kitab Yesaya (28:25,27, NKJV), telah disebutkan kata ketsah, dimana artinya yaitu black cummin sebagai nama inggris Jintan Hitam serta menurut terjemahan dari New World Translation of the Holy Scriptures yang juga menuliskan black cumin, dimana artinya adalah Habbatussauda atau jintan hitam.

BharataHerbal_KlikDiSini_03

Incoming search terms:
favoritepfp -

Jika artikel ini bermanfaat, silakan klik icon sharing di bawah ini.
Semoga membawa banyak kebaikan dan keberkahan untuk kita semua. Terima kasih..

Related posts:

  1. Doa Bayar Hutang

Habbatussauda

Leave a Reply