Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dan Keutamaan Kurma#

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil. Kurma itu ternyata memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Baik kesehatan kita maupun buat ibu Hamil. Karena Kurma itu sendiri merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral. Dengan sumber energi yang baik, gula dan serat. Seperti adanya kandungan Mineral (Kalium, Magnesium, Seng Kalsium, Zat besi, Fosfor, Natrium) dan Vitamin (Folat, Vitamin A, Vitamin K)

manfaat kurma untuk ibu hamil.jpg

manfaat kurma untuk ibu hamil.jpg

Berikut ini kami tawarkan Kurma Coklat yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Produk yang dikemas dalam bentuk sachet, yang diseduh dengan air hangat, terasa nikmat diminum bersama keluarga :)

Kurma Coklat ini dikemas dengan nama Tamar Cocoa, sebagai penangkal racun

Selain manfaat kurma untuk ibu hamil, dalam beberapa hadist disebutkan bahwa kurma itu memiliki banyak keutamaan :

Telah menceritakan kepada kami [Qutaibah bin Sa'id] Telah menceritakan kepada kami [Isma'il bin Ja'far] dari [Abdullah bin Dinar] dari [Ibnu Umar] berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya diantara pohon ada suatu pohon yang tidak jatuh daunnya. Dan itu adalah perumpamaan bagi seorang muslim”. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya: “Katakanlah kepadaku, pohon apakah itu?” Maka para sahabat beranggapan bahwa yang dimaksud adalah pohon yang berada di lembah. Abdullah berkata: “Aku berpikir dalam hati pohon itu adalah pohon kurma, tapi aku malu mengungkapkannya. Kemudian para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, pohon apakah itu?” Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Pohon kurma”.
[HR bukhari no.59 - Mutashil]

Telah menceritakan kepada kami [Ali bin Abdullah] Telah menceritakan kepada kami [Sufyan] berkata, telah berkata kepadaku [Ibnu Abu Najih] dari [Mujahid] berkata; aku pernah menemani [Ibnu Umar] pergi ke Madinah, namun aku tidak mendengar dia membicarakan tentang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kecuali satu kejadian dimana dia berkata: Kami pernah bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lalu Beliau dipertemukan dengan jama’ah. Kemudian Beliau bersabda: “Sesungguhnya diantara pohon ada suatu pohon yang merupakan perumpamaan bagi seorang muslim”. Aku ingin mengatakan bahwa itu adalah pohon kurma namun karena aku yang termuda maka aku diam. Maka kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Itu adalah pohon kurma”.
[HR bukhari no.70 - Mutashil]

Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin 'Abdurrahim] telah menceritakan kepada kami [Sa'id bin Sulaiman] berkata, telah menceritakan kepada kami [Husyaim] berkata, telah mengabarkan kepada kami ['Ubaidullah bin Abu Bakar bin Anas] dari [Anas bin Malik] berkata, “Pada hari raya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak berangkat untuk melaksanakan shalat hingga beliau makan beberapa butir kurma.” [Murajja' bin Raja'] berkata; telah menceritakan kepadaku ['Ubaidullah] berkata, telah menceritakan kepadaku [Anas] dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, “Beliau makan beberapa kurma dengan bilangan ganjil.”
[HR bukhari no.900 - Mutashil]

Cara Penyajian – Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Penyajiannya cukup praktis dan mudah, ambil 1 sachet yang berisi 25 gram kurma coklat dalam bentuk bubuk, seduh dengan air hangat dan siap dihidangkan. Mudah bukan?

Semoga informasi manfaat sari kurma untuk ibu hamil ini bermanfaat.

Produk Tamar Cocoa dijual dengan harga Rp 120.000, 00 per bungkus yang berisi 20 sachet. masing-masing sachet dengan berat 25 gram. Untuk pemesanan Kurma Coklat, silakan hubungi Lestari 0812 2145621. Pemesanan untuk Jakarta dan Sekitarnya bebas ongkos kirim :)

 

Nama Muhammad & Kultwit: Pajak di Amerika##

#Hikmah

Nama Muhammad

Selain nama Muhammad, beliau juga dikenal dengan beberapa nama lain :

AHMAD, seperti yang terdapat di al-Qur’an, Injil & Taurat. Ahmad berarti terpuji.

AL-MAHI, berarti yang menghapus, karena Allah SWT menghapus kekafiran melaluinya.

AL-HASYIR, berarti yang mengumpulkan, karena seluruh manusia akan berkumpul di bawah kakinya.

AL-‘AQIB, berarti yang mengakhiri, karena tidak ada lagi Nabi setelahnya.

AL-MUQAFFA, berarti yang dimuliakan.

 

#Sedekah & Zakat

Voucher Sedekah

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berdonasi untuk pembangunan masjid tahfidz dan 100 pesantren, silakan menghubungi rekan-rekan berikut.

Ada voucher sebesar Rp 20rb, Rp 50rb dan Rp 100rb.
Silakan menghubungi rekan2 berikut untuk menyalurkan sedekah Bapak/Ibu.

LtG       Rizky Yan Anoraga

Lt1       Defianti

Lt2       Jimmy/Safri/Yulinawati

Lt3       Antie

 

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu” (QS. Al Hadid 20)

Jika Bapak/Ibu ada yang ingin menyalurkan zakat, Insya Allah kami dapat menyalurkannya kepada saudara kita yang membutuhkan. Mohon ditulis “ZAKAT” di depan amplop tertutup, up. Jimmy.

Semoga membawa banyak keberkahan untuk kita semua.

 

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS At Taubah 60)

 

 

#Kultwit ust @Yusuf_Mansur

Kultwit

Saya diajak muter-muter sama Mas Agus Sudewo liat fasilitas-fasilitas umum di Atlanta, Georgia, Amerika, 18 Maret 2015.

Bayar pajak di Amerika insyaaAllah masyarakatnya pada ridho karena di gunakan buat bangun fasilitas-fasilitas umum dibagusin, misal: sekolah gratis, lapangan-lapangan olahraga, jalan, dan lainnya, yang bisa digunakan atau dinikmati oleh masyarakatnya itu sendiri, jadi pada ridho bayar pajak.

 

InsyaaAllah Indonesia juga bisa seperti ini.

Muter-muter di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat saya mendapat inspirasi tentang pajak di sini. Bahwa kita bisa milih dimana pajak kita disalurkan, misalnya di sekolah-sekolah islam di sini.

 

Dan penyaluran pajak di sini dibuktikan dengan fasilitas publik yang bagusnya itu buuuaaguus buuangeettt… Sekolah gratis dan sekaligus dapet makan gratis..

Masyarakatnya pun bayar pajaknya merasa ringan karena akan balik lagi buat kepentingan sosial kepada masyarakatnya, kotanya, atau negerinya.

 

Saya percaya Indonesia pasti bisa seperti ini. Apalagi banyak potensi di negeri kita yang bisa dibangun.. dan dari banyak sumber, ada sedekah, zakat dan charity masing-masing.

Salam, @Yusuf_Mansur.

Telaga dan Masjid Tahfidz##

#Hikmah

Telaga

Bisa berjumpa dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di hari kiamat adalah dambaan setiap muslim. Terlebih Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjanjikan bahwa beliau akan menunggu kita para umatnya di telaganya (al Haudh) untuk bersama-sama minum air telaga itu.

Dari Sahl bin Sa’d radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku menunggu kalian di al Haudh, telaga. Siapa yang mendatanginya, dia akan minum airnya. Dan siapa yang minum airnya, tidak akan haus selamanya” (HR. Bukhari)

 

 

#Sedekah & Zakat

Voucher Sedekah

 Alhamdulillah total yang sudah disalurkan ke PPPA sebesar Rp 14.430.000,- dan yang belum disalurkan Rp 940.000,-.

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berdonasi untuk pembangunan masjid tahfidz dan 100 pesantren, silakan menghubungi rekan-rekan berikut.

Ada voucher sebesar Rp 20rb, Rp 50rb dan Rp 100rb.
Silakan menghubungi rekan2 berikut untuk menyalurkan sedekah Bapak/Ibu.

LtG       Rizky Yan Anoraga

Lt1       Defianti

Lt2       Jimmy/Safri/Yulinawati

Lt3       Antie

 

(yaitu) di hari (yang di waktu itu) ditiup sangkakala[942] dan Kami akan mengumpulkan pada hari itu orang-orang yang berdosa dengan muka yang biru muram; mereka berbisik-bisik di antara mereka: “Kamu tidak berdiam (di dunia) melainkan hanyalah sepuluh (hari)”

(QS Thaahaa : 102-103)

 

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin[1218], laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar”

(QS Al Ahzab 33)

 

 

 

#Kultwit ust @Yusuf_Mansur

Kultwit

”Barang siapa yang membangun sebuah masjid karena mengharapkan keridhaan Allah SWT, maka Allah akan membangun untuknya sebuah rumah di surga.” (H.R Bukhari dan Muslim)

 

Membaca hadits diatas pastinya kita sebagai muslim ingin memiliki rumah di surga. Rumah di dunia saja kita usaha mati-matian sampai rela berkurang uang makan dan nyicil bertahun-tahun. Ini rumah disurga yang pasti kemewahan dan kenyamanannya jauh-jauh lebih nikmat dari yang ada di dunia.

 

Memang membangun masjid kalo sendirian pasti akan terasa beratnya. Maka itu kita bangunnya bersama-sama. Saling patungan. Baik sedikit ataupun banyak InsyaAllah sama ganjarannya dimata Allah SWT selama kita ikhlas dan niatnya bener.

Dalam sejarah Islam, masjid menjadi tonggak penting dalam perkembangan umat. Hal pertama yang dilakukan oleh Rasulullah SAW saat sampai di kota tujuan adalah membangun masjid.

 

Seperti saat Rasulullah SAW bersama Abu Bakar As- Shidiq singgah di tempat bernama Quba dalam perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah. Beliau tidak hanya bersitirahat ditempat tersebut tetapi juga membangun masjid yang sekarang dikenal sebagai Masjid Quba.

Begitu juga saat beliau tiba di Madinah hal pertama yang dilakukan bersama umat muslim lainnya adalah membangun masjid.

 

“Masjid merupakan asas utama dan terpenting bagi pembentukan masyarakat Islam, karena masyarakat muslim tidak akan terbentuk secara kukuh dan rapi kecuali dengan komitmen terhadap Islam, hal ini tidak akan bisa ditumbuhkan kecuali dengan cara memakmurkan masjid” ujar Dr. Muhammad Sa’id Romadhani Al Buthy.

Saat ini, Daarul Quran sedang menyelesaikan pembangunan Masjid Nabawi yang berlokasi di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Pusat dan pembangunan Masjid Quba di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Semarang.

 

Masjid ini nantinya tidak hanya akan dipakai saat shalat-shalat wajib saja. Tetapi, Di masjid ini InsyaAllah ribuan santri tahfidz bersama-sama membaca sekaligus menghafal Al Quran.

Di sepertiga malamnya masjid ini juga akan menjadi tempat para santri dan pengajar mendirikan shalat malam, bermunajah kepada Allah SWT, memohon ampunan serta berdoa yang tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga bagi para donatur dan masyarakat yang sudah membantu terwujudnya masjid ini.

 

Masjid Nabawi dibangun diatas tanah seluas 6000 m2, diperkirakan akan mampu menampung 8000an jama’ah.

 

Pembangunannya sendiri sudah dimulai sejak pemancangan tiang pertama yang dipimpin langsung oleh Ustadz Yusuf Mansur dan Ibunda (alm) Ummi Hajjah Humrif’ah binti Hajjah Rofi’ah, didampingi oleh jajaran pengurus Yayasan Daarul Qur’an dan juga para syeikh dari Timur Tengah, pada tanggal 25 Desember 2012.

 

Sedangkan Masjid Quba, yang sedang dibangun di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an,  Semarang InsyaAllah masjid akan menampung 1500 santri.

 

Terima kasih kepada masyarakat yang berpartisipasi dalam pembangunan masjid ini.

Salam, @Yusuf_Mansur.

Rakaat Shalat Dhuha dan Mimpi Wirda##

#Hikmah

Rakaat Shalat Dhuha

“Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai.

Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah.

Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu.

Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat.

Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

 

#Info Kajian

Kajian Minggu Ke-3

 

Jadwal Kajian Rutin Bulan Maret minggu ke-3 Insya Allah :

Tempat                        : Musholla FFI Lt 4

Hari/Tanggal               : Rabu, 18 Maret 2015

Waktu                          : 17.00 – 18.00 WIB

Penceramah                : Ust. Wahyudi KS

Untuk donasi kajian rutin dapat dititipkan ke mba Yulinawati :

Mandiri 900 00 1209067 7 an. Yulinawati

 

 

#Kultwit ust @Yusuf_Mansur

Mimpi Wirda

Saya mau cerita tentang mimpi Wirda ketemu Rasulullah SAW.

Malam sebelom Wirda mimpi ketemu Rasul, kami bercanda-canda di meja makan. Saat itu Wirda baru 7 tahun. Mamahnya wirda, Maemunah, ngasih tau saya, “Pah, Kakak dah hafal Yaasiin sampe Innamaa amruhu loh…”.

Saya terkejut senang. Putrikuuuu… 7 tahun… tapi udah hafal Yaasiin sampe innamaa amruhuu… “Masa sih…?” tanya saya.

Wirda dan Mamahnya pun dua-duanya tersenyum. Lalu Wirda saya suruh baca. Mulailah Wirda baca. Saat Wirda mulai baca, menetes air mata saya. Ayah mana yang ngga terharu. Putrinya hafal Yaasiin!

“… Yaasiin Innamaa amruhuu idzaa arooda syai-an ay yaquula lahuu kun fayakuun.” Begitu Wirda baca.

Saya yang lagi terharu, eh koq liat Wirda sama mamahnya senyum-senyum. Saya baru sadar sesuatu. Apa itu?

Mereka Sedang bercanda dengan saya.

Ya, Wirda dan mamahnya bercanda. Bukannya Wirda hafal utuh satu Yaasiin. Melainkan benar-benar Yaasiin Innamaa amruhu… Itu “hanya” ayat pertama dan ayat 82. (Yaasiin 83 ayat). “Wuah.. Papah dikerjain nih.. tapi Papah senang.. 2 ayat pun, Qur’an.”

Istri saya senyum-senyum lagi. “Saya duluan Pah yang dikerjain Wirda. “Mah, Mamah, Kakak udah hafal Yaasiin sampe Innamaa amruhuu…”

Setelah itu, Wirda bilang sama saya, “Boleh ngga Pah, ngafalnya satu juz aja? Atau 15 juz dah. Ngga usah 30 juz…?”

“Kenapa…?”

“Berat. Susah.”

Sebagai ayah, saya mencoba bijak. Dan ini sekaligus saya coba jadi karakter saya, memudahkan.

“Boleh Kak…” ucap saya.

Kemudian, malam itu, sekitar pukul 9 malam, Wirda kecil, My Little Princess, tidur di kamarnya. Dan peristiwa itu pun terjadi…

Sekitar jam 2 dini hari Wirda masuk kamar saya. Bangunin saya sambil terisak. “Pah… Pah… Kakak dimarahin…”

Saya bingung… “Siapa Kak yang marahin…?”

Saya ngga ngerti, siapa yang malem-malem begini marahin…? Dimarahin siapa…?

“Rasulullah…”, kata Wirda.

Saya mencoba mulai menebak… Subhaanallaah nih kalo bener Wirda mimpi Rasul.

Saya lanjutin nanya, “Rasul koq marahin Kakak…? Kenapa…?”

“Kakak ditanya, kenapa hanya mau ngafal 1 juz? 15 juz? Kenapa ngga semuanya aja? 30 juz?” kata Wirda  sambil nangis.

Saya tertegun saat itu. MasyaAllah, malamnya Wirda bercanda-canda dengan saya, eh Rasul datangin Wirda dalam mimpinya…

Wirda ngajak saya ke kamarnya. Dia nunjukin kertas. Isinya syair. “Dari Rasul…”, katanya. “Tapi jangan dikasih tau yang lain…”

Saya kembali tertegun. Subhaanallaah…

Wirda kemudian berkata, “Kakak meniatkan dan berjanji ngafal Qur’an sampe 30 juz.”

Ya. Wirda bukannya dimarahin, tapi ditanya sama Rasul.

Saya saat itu bertanya ke Wirda, tentang gimana Rasul, gimana rumahnya? Karena Wirda bilang, diajak shalat sama Rasul di rumahnya.

Saya geleng-geleng kepala. Luar biasa. Subhaanallaah… Diajak shalat. Makmunan imaman sama Rasulullaah.

Beberapa tahun kemudian, Wirda mendapat hadiah dari Allah.

Hadiah yang dimaksud adalah umrah … Pergilah ke Madinah. Ke kota Rasul.

Wirda menyimpan pertanyaan, kemana dan di mana rumah yang dia lihat, dan dia masukin? Lah emang udah ngga ada.

Wirda juga mencari jawaban, kemana sungai yang dia liat, pohon buah yang dia liat? Ya juga ngga ada.

Apalagi pohon buahnya, buah mangga. Wirda saat di mimpi melihat pohon mangga, yang buahnya udah dalam keadaan terkupas kulitnya.

Pertanyaan itu rupanya dia simpan. Dia ikutin ziarah ke makam nabi, shalat di Nabawi, ke Roudhoh…

Hingga saya kedatangan Dr. Syafiq. Asal Jember, yang menjadi ahlul Madinah. Relasinya begitu luas.

Dr. Syafiq ini bahkan pengisi suara di CD-CD sejarah Makkah, Madinah, yang diterbitkan Saudi sana. Berikut alih bahasanya.

Kemudian terbersitlah ajakan ngajak anak-anak, termasuk Wirda, ke musium Madinah. Ini rute yang ngga umum bagi jamaah umroh. Ke manakah itu?

Kami pergi ke Musium Nabawi. Sampe di sana, Wirda memekik… “Pah….!!!”

“Pah…! Lihat… Ini rumahnya Rasul…!”. Betul, ada replika rumahnya Rasul. Wirda nunjuk-nunjuk ke replika itu.

“Persis yang kakak liat dan kaka masuk…”. Saya liat matanya berbinar, dan seperti mau nangis. Dr. Syafiq kemudian berkisah.

Mengisahkan satu demi satu apa yang ada di musium Madinah tersebut…

Alhamdulillaah… Sekian dulu… Mohon doanya buat Wirda dan 4 adiknya yang lain. Saya doakan buat semuanya juga.

Saya doain semua bisa rajin shalawat, supaya bisa ke Masjid Nabawi, ziarah ke makam Rasul, dan shalat di sana, khushushon di Roudhoh.

Saya doain juga supaya bisa punya anak-anak penghafal Qur’an. Bahkan diri kita semua, bisa ngafal Qur’an. Di tengah kesibukan dan profesi.

Salam hormat,
Salam, @Yusuf_Mansur.

4 Kebahagiaan dan Sesuatu Yang Ajaib##

#Hikmah

Empat Kebahagiaan

Rasulullah Saw bersabda: Orang yang beriman itu harus memiliki 4 perkara, yaitu:

1. Kendaraan yang laju

2. Rumah yang luas.

3.Lampu yang terang benerang.

4. dan,Pakaian yang indah

Ada salah satu sahabat bertanya..”Wahai Rosulullah ,kami orang miskin dan kami tidak memiliki semua itu??.. “Rasulullau Saw: “Ketahuilah wahai ummat ku, yang dimaksud kendaraan yang laju ialah “AKAL”. Yang di maksud rumah yang luas ialah “SABAR”. Yang dimaksud lampu yang terang benerang ialah “ILMU PENGETAHUAN”. Dan yang dimaksud dengan pakain yang indah adalah “RASA MALU”.

Oleh karenanya , mudah-mudahan kita semua memilikinya dan berusaha untuk mendapatkannya.

 

#Sedekah & Zakat

Voucher Sedekah

 

Alhamdulillah total yang sudah disalurkan ke PPPA sebesar Rp 6.680.000,- (angkatan ke-5, diserahkan tgl 2 Maret 2015) dan total yang sudah disalurkan Rp 14.430.000,-.

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berdonasi untuk pembangunan masjid tahfidz dan 100 pesantren, silakan menghubungi rekan-rekan berikut.

Ada voucher sedekah sebesar Rp 20rb, Rp 50rb dan Rp 100rb.


Silakan menghubungi rekan2 berikut untuk menyalurkan sedekah Bapak/Ibu.

LtG       Rizky Yan Anoraga

Lt1       Defianti

Lt2       Jimmy/Safri/Yulinawati

Lt3       Antie

 

Semoga membawa banyak keberkahan untuk kita semua.

 

 

#Kultwit ust @Yusuf_Mansur

Sesuatu Yang Ajaib

Go get wudhu… and please baca Al Mulk. Surah ke-67. Fadhilahnya, bisa bebas siksa kubur, dan ngejaga dari musibah. Coba jajal selama satu tahun saban malam baca Al Mulk. InsyaaAllah hidup di Kerajaannya Allah ini bakal seneng, berubah, dan banyak fasilitas.

Buat kawan-kawan, cari buku saya yang judulnya: “Jaminan”. Di bukuyusufmansur.com. Sekalian aja jadi agen. Buku “Jaminan” ini membahas tentang Surah Al Mulk. InsyaaAllah banyak filosofi, hikmah, dan pengalaman-pengalaman dalam membaca Al Mulk.

Al Mulk itu 30 ayat. Satu hari satu ayat, satu bulan, hafal. Plus artinya malahan. Cara hafalnya, Baca aja per ayat, yang banyak. 20 kali apa 40 kali gitu per ayatnya. Satu hari satu ayat atau satu baris. Ga usah sengaja-sengaja dihafal. Coba dibaca aja: 20 kali, 40 kali. Tar juga hafal sendiri. Coba deh. Ayat apa aja. Plus baca-baca artinya. Tar kalo dah dibaca 20 kali, 40 kali, baru besok lanjut ke ayat atau baris berikutnya. Sebelum ayat dan baris yang baru, ulangi (muroja’ah) ayat atau baris sebelumnya.

Kira-kira dapet 5 baris, 1 kelompok (5 baris itu), baca lagi 20 kali sampai dengan 40 kali. Anggap aja benar satu hari satu baris. Maka dibuat santai aja. Hari ke-6 kan mestinya baris ke-6…. ini ga usah lanjut dulu baris ke 6. Muroja’ah aja. Hari ke-6, gunakan sebagai muroja’ah baris pertama sampai dengan baris ke-5. Hari ke-7 baru mulai baris ke-6 nya.

Oh ya, untuk Al Qur’an pojok, 1 halaman ada 15 baris. Jadi kurang lebih, selesaikan santai aja 18 hari untuk satu halaman. Sambil liat-liat artinya. Bila per baris, 20 sampai dengan 40 kali baca. Lalu per kelompok (5 baris), 20 sampai dengan 40 kali baca. Maka sebenernya kita dah baca 40 sampai dengan 80 kali per barisnya.

Baca banyak, denger banyak, bakal hafal dengan sendirinya. Dan jauh dari stress. Kadang stress itu timbul sebab mau langsung hafal, makanya lansung ngafal. Kalo perlu, jajal nih cara hebat Sederhana. Ga pake cara macem-macem. Cuma baca banyak. Jajal dah. Pilih halaman mana aja. Kalo perlu yang sulit.

Lalu satu halaman itu ga usah dibagi-bagi. Baca aja 20 kali, 40 kali, 80 kali, bahkan sampai dengan 200 kali. Bacanya sambil mata fokus ke posisi masing ayat atau baris. Jangan begeser. Dan jangan berusaha ngafal, sehingga mata liat langit-langit (atap), atau meninggalkan melihat mushaf atau lembaran itu. Jangan. Pokoknya dibaca aja sambil liat.

Jumlah banyaknya bacaan diliat-liat. Sampai dengan 200 kali. Nanti efeknya bakal top banget. Selain bakal hafal dengan sendirinya. Juga bakal banyak pahala dan kebaikannya. Satu baris kira-kira 50 huruf. Satu halaman 15 baris. Atau sama dengan 750 huruf. Kalo dikali 10, maka akan dapat 7500 kebaikan. Kalo dikali 700? 525 ribu kebaikan.

Kerena satu halaman itu kita baca 20 kali, 40 kali, 80 kali, hingga 200 kali, maka kebaikan yang didapat berpotensi sampai dengan 105 juta kebaikan. Belum lagi kalo berposisi ngajak atau ngajar satu oraaaaaaaaannnggg aja. Yang lain selain diri kita. maka? Terjadi pelipatan kebaikan. Buanyak bener dah.Apalagi nih, Misal, yang diajak, terus ngajak lagi. Yang diajak, ngajak lagi. Teruuuussss sampai dengan kedalaman dan keluasan tak terhingga. Wuaaaahhhh…

Kawan-kawan.. untuk mencapai 200 kali baca per halaman itu, coba jajal yang nyantai. Jangan jadi beban. Lima kali shalat, masing-masing baca lima kali aja. Dah 25 kali baca tuh.

Jadi misal untuk target 200 kali baca, dibuat dalam 10 hari. Maka ya cara ini ya gapapa juga. Bila dalam 200 kali masih belum hafal, baca aja lagi 200 kali kedua.

Jadi, satu halaman dihafal dalam 20 hari. Dengan total baca per halaman, 400 kali. Pikirin aja limpahan kebaikan yang berlimpah dari Allah. Keren. Kebaikan dari Allah, jangan bayangin kebaikan dari kita. Ga bakal setara. Satu matahari-Nya itu hanya satu kebaikan kecil dari Allah. So? Bila Allah menyebut setiap huruf itu pahalanya 10 kebaikan, maka sesungguhnya baca satu huruf itu, akan dapat kebaikan yang keq mana?

Secara saya dah bilang, bahwa Kebaikan Allah itu ga bakal sama dengan kebaikan kita. Saya dah contohin. Satu matahari, hanya satu hal kecil saja kebaikan Allah.

Kapan nanti kita bikin simulasinya ya. Di pesantren atau di mana gitu. Atau ya udahlah. Ga usah nunggu simulasi. Gerak aja langsung. Dicermati aja bacanya. Sambil berimajinasi dan berpikir lebih lanjut. Misal, jika kawan-kawan butuh kebaikan yang namanya jodoh.

Salam, @Yusuf_Mansur.


 

Page 1 of 6712345...102030...Last »